Cara Mengatur Skala pada Halaman Layout Autocad

Autocad memiliki 2 halaman kerja, yaitu halaman model dan halaman layout

Halaman layout pada Autocad berfungsi untuk mempermudah proses saat pencetakan (ploting). Selain itu  juga mempermudah pengaturan skala secara lebih cepat. Tidak perlu mengatur secara berulang-ulang, cukup satu kali saja maka output gambar meiliki pengaturan sesuai yang kita kehendaki.

Sedangkan halaman Model, berfungsi sebagai area kerja dimana gambar projek ditempatkan.

Berikut ini langkah langkah pengaturan halaman layout pada Autocad.

Buatlah gambar pada halaman model di Autocad dalam ukuran sebenernya, dalam satuan mm, misalnya menggambar meja dengan lebar dan panjang sesungguhnya adalah 1 m x 1 m, maka buatlah di Autocad dengan ukuran 1000 x 1000.

layout1

Kemudian buatlah kop sesuai dengan ukuran kertas yang dikehendaki dengan satuan mm. Misalnya Anda ingin menggunakan kertas A4, maka buatlah kop dengan ukuran 297 mm x 210. Nilai ini didapat dari panjang dan lebar sebenarnya ukuran kertas A4. Namun jika anda ingin buat cetak di kerta A3, maka buatlah dengan ukuran kertas A3. Lihat gambar berikut!

layout3

Setelah Kop selesai di buat, Copy kan kop tersebut di halaman Layout, dengan cara, buka halaman layout anda tekan Ctrl + V (Paste).

Lihat gambar berikut!

layout4

Copy paste di halaman Layout

layout7

Kemudian Anda ketika MV, perintah ini berfungsi untuk membuat area dimana gambar pada halaman model akan ditampilkan. Lihat gambar berikut!

layout9Setelah area kotak yang dibuat dengan perintah MV tersebut selesai, maka gambar meja yang kita buat dengan ukuran 1000 x 1000 mm tadi sudah nampak didalam kotak tersebut, jika tidak nampak geser-geser Pan, atau scroll mouse sampai gambar yang kita buat di halaman model terlihat. Lihat gambar dibawah ini!

layout10

Setelah itu Pilih menu PLOT

layout11Atur setingan seperti gambar berikut!

layout15saat anda memilih Windows maka anda akan diarahkan untuk menentukan area ploting, anda klik pada sudut kiri paling bawah dan sudut kanan paling atas kop. Lihat gambar dibawah!

layout14

maka hasilnya akan seperti gambar dibawah!

layout18

Untuk mengatur ngatur skala sesuai yang didinginkan anda tinggal ketik MV, arahkan mouse di kotak yang paling dalam (area mv) anda klik 2 kali, maka garis kotak yang mv akan menjadi tebal, artinya skala siap diatur anda pilih di bawah bagian kiri scale sesuai dengan yg anda inginkan, Selamat Mencoba!

9 thoughts on “Cara Mengatur Skala pada Halaman Layout Autocad

    • Makasih mas Alza, memang autocad ini beda pengguna beda juga strateginya, cari yang paling mudah, cepat dan hasilnya benar. Jika suatu saat saya mendapatkan cara yg lebih mudah dari cara yg ini, saya juga pasti akan beralih….trims atas kunjungannya..

  1. Gan, kalau misal saya buatnya dala skala cm jadi 1 m = 100 cm apa masih bisa ? Atau lebih baik saya skalakan lagi aja gambarnya biar pake mm ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s