Belajar AUTOCAD otodidak

Gleen, Siswa kelas 5 SD sedang mengikuti kursus AUTOCAD 3 Dimensi

Gleen, Siswa kelas 5 SD sedang mengikuti kursus AUTOCAD 3 Dimensi

Sejak tahun 2011 saya telah menjadi pengajar AUTOCAD di lembaga-lembaga kursus dan mengajar private dari rumah-kerumah dari kantor-kekantor. Pada umumnya peserta berasal  dari berbagai latar belakang pendidikan dan usia yang berbeda-beda, ada yang berlatar belakang pendidikan mahasiswa, SMK,  ada juga yang berasal dari jurusan sastra atau teknik. Bahkan ada yang masih bersekolah duduk di bangku kelas 5 SD. Dari pengalaman saya mengajar, ternyata tidak menjamin bahwa mereka yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi teknik akan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang kuliah di jurusan Sastra atau Fisip.

Puji syukur, saya pribadi bisa menguasai Autocad belajar secara  otodidak, motivasi keinginan  untuk bisa menguasai  Autocad bermula saat saya membuka kursus komputer Design Graphis di daerah Bogor, tepatnya di Jalan Batu Tulis, saat itu saya hanya menguasai program design graphis standar, seperti Adobe Photoshop, Corel, dan In Design. Namun sejak tempat kursus dibuka banyak sekali permintaan masayarakat  akan program AUTOCAD. Bahkan permintaan itu datang dari tempat yang lumayan cukup jauh dari tempat kursus yang saya dirikan. Merasa ini adalah peluang dan tantangan, dengan berbekal buku yang saya beli di toko buku, setiap hari saya belajar untuk menguasai Autocad ini secara otodidak dan akhirnya setelah merasa apa yang ada di dalam buku tersebut saya telah kuasai, saya  memberanikan diri untuk membuka Kelas AUTOCAD.

Dalam perjalanannya justru kemampuan Autocad saya semakin berkembang dengan saya mengajar. Dulu saya berpikir, apa pantas saya yang hanya belajar Autocad melalui buku, tidak memiliki latar pendidikan Arsitek atau Teknik Sipil dan belum pernah menjadi drafter diperusahaan manapun, tapi berani mengajar membuka kursus AUTOCAD.

Meski pada awal-awal mengajar Autocad saya merasa tidak percaya diri, namun seiring berjalannya waktu dengan saya dibenturkan dengan mengajar murid-murid yang bersatus Arsitek, design interior piping designer, dari yang bersatus lulusan SMK, mahasiswa bahkan dosen salah satu perguruan tinggi swasta ternama di jakarta membuat saya semakin percaya diri dan kemampuan Autocad saya justru semakin bertambah.

Hafiz Sungkar, Staff Engineer at GC&T

Hafiz Sungkar, Staff Engineer at GC&T

Alhamdulillah  saat ini saya juga dipercaya oleh sebuah perusahaan kontraktor dalam bidang ME untuk mencarikan drafter Autocad dari murid saya, jika perusahaan itu butuh.

Jadi jika anda ingin menguasai Autocad  kunci utamanya adalah seberapa besar motivasi Anda untuk bisa menguasai program AUTOCAD tersebut. Tetap Percaya diri jadilah Bul Doser yang siap menabrak segala rintangan yang menghambat, Apapun latar belakang pendidikan Anda.

Leave a Reply

